Sunday, March 4, 2018

CARA MENGINSTAL WINDOWS 7 PADA PARTISI UEFI/GPT

Biasanya saat Saya mencoba untuk menginstal sebuah perangkat komputer yang  sistem BIOS-nya sudah menggunakan UEFI. Namun, saat proses format untuk pengcopyan semua file Windows, proses penginstalan tidak  berlanjut. Keterangannya bertuliskan “Windows cannot be installed to Disk blablabla”. Setelah Saya mengeceknya beberapa kali, ternyata sistem operasi Windows sebelumnya di install menggunakan sistem GPT/UEFI. 
GPT Partition


Sistem UEFI/GPT ini memang tergolong sistem penyimpanan baru pada hardisk. Yang dulunya kita kenal hanya MBR, kini adalagi bernama GPT. Untuk komputer yang masih bisa masuk ke sistem operasi Windowsnya, perubahan partisi dari GPT ke MBR memang mudah untuk dilakukan. Tapi, yang menjadi masalah komputer ini sudah rusak sistem operasinya, jadi tidak memungkinkan lagi untuk  masuk ke Windows yang terinstal sebelumnya. Cara lain untuk memformatnya adalah dengan membuka hardisknya, lalu kemudian memasangnya ke komputer lain dan diformat pada komputer tersebut. Tapi, cara ini  ribet dan akan menghabiskan banyak waktu.

Untuk Menginstal sistem operasi Windows 7 di komputer yang memiliki partisi UEFI/GPT. Caranya ini  adalah dengan membuat sistem operasi Windows 7 yang support dengan UEFI/GPT. Mau tahu bagaimana cara membuat Windows 7 UEFI/GPT?, Silahkan Anda simak di bawah ini selengkapnya.

Cara membuat sistem operasi Windows 7 support UEFI/GPT

– Langkah pertama yang harus  Anda lakukan adalah menyiapkan flashdisk yang berukuran minimal 4GB.
– Langkah selanjutnya adalah harus mendownload program yang bernama “Rufus”. Ini adalah tools yang banyak digunakan untuk menconvert sistem operasi Windows dari bentuk DVD/CD ke flashdisk. Sehingga memungkinkan Anda untuk menginstal Windows menggunakan flashdisk. Tools Rufus ini juga memiliki fitur yang bisa merubah format Windows 7 Anda agar bisa terinstal pada partisi UEFI/GPT.
– Silahkan Anda buka program Rufus tersebut.
– Silahkan Anda pilih drive dari flashdisk Anda pada opsi Device yang pertama. Untuk opsi yang kedua ini yang penting untuk Anda pilih perubahan menjadi “GPT Partition Scheme For UEFI Computer”. Untuk File system dan cluster biarkan default.
– Opsi selanjutnya adalah Anda harus meload sistem operasi Windows yang ingin Anda install. Anda bisa memilih file ISO atau dari optical drive (DVD) Anda. Dalam contoh ini Saya memilih file ISO Windows 7 dengan versi 64bit. Kenapa harus 64bit? Ini karena partisi GPT/UEFI hanya support untuk Windows 64bit saja.
rufus
– Langkah selanjutnya adalah klik tombol “Start” yang ada di bawah ini untuk memulai proses pembuatan installer Windows 7 support UEFI/GPT.
– Jika proses telah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan cabut flashdisk Anda dan pasang pada komputer atau laptop yang ingin Anda install.
– Masuk pada BIOS laptop atau komputer tersebut, dan pilih opsi untuk boot pertama boot pertama yaitu “UEFI : USB Generic Flashdisk”, atau pilih saja yang sesuai dengan tipe atau nama dari flashdisk Anda tersebut.
Silahkan Anda lanjutkan proses intalasi Windows 7 UEFI/GPT tersebut, pasti akan berhasil. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment